Latar Belakang

LATAR BELAKANG PT. Millennium Energy

Pemanasan global atau Global Warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, “sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca, Kondisi tersebut diperparah dengan sumber daya alam yang semakin menipis, dan meningkatnya harga minyak dunia yang berimbas ke sektor industri saat ini.

Pada sektor lainnya adalah pengurangan subsidi pemerintah untuk energi sehingga berdampak pada realisasi subsidi listrik sedangkan kapasitas PLN hingga saat ini masih belum optimal dibandingkan dengan kebutuhan listrik seluruh penduduk Indonesia. Hal ini menyebabkan terjadinya ketidak-seimbangan dan mengakibatkan terjadinya pemadaman listrik secara bergilir sehingga berakibat pada terganggunya proses produksi disetiap sektor industri.

Terlebih dengan adanya kenaikan tarif dasar listrik PLN telah diberlakukan, mengingat listrik merupakan kontribusi yang cukup besar terhadap biaya produksi, hal ini dapat berpengaruh terhadap peningkatan biaya produksi dan dapat dipastikan pula berimbas terhadap kenaikan harga jual produk dipasaran sehingga akan berdampak pada daya saing produk disbanding dengan produk dari perusahaan lain yang sejenis.